Sabtu, 16 Februari 2013

Ibadah Ala Anak Kecil


Bismillahirrahmanirahim

Memang bukan bidangnya dan saya pun tidak mengerti banyak namun saya ingin mengupas sedikit tentang kekeliruan sebagian umat islam dalam hal ibadah.Kekeliruan yang terjadi kini kita terlihat seperti ibadah ala anak kecil yang begitu polos, tak mengerti mana yang benar dan mana yang salah.

Contohnya saja diri saya yang baru memulai shalat lagi dikelas 3 SMA, saya kira shalat itu tidak ada aturan dan hanya sekedar baca dan bergerak takbir, ruku', sujud, salam. Namun ternyata saya keliru besar ketika saya bertahap menemukan dan mempelajari ilmu tentang cara ibadah yang benar, ternyata ibadah yang saya jalani selama ini jauh dari kata "benar". Saya pun berbenah diri terhadap cara ibadah saya, mulai dari niat, takbir, bacaan, ruku', sujud, duduk di antara dua sujud, duduk tahiyat awal dan akhir.
Terlepas dari ibadah saya yang saya pun belum tahu sudah benar atau belum (saya akan terus belajar) saya sering melihat cara ibadah saya yang dulu saya belum ketahui ilmunya, shalat asal saja tanpa ada aturan dan asal gerak dan tidak memperhatikan syarat sah shalat dan bacaannya.Ini sedikit ilmu yang saya dapat tentang ibadah yang benar.

1. Niat
    Dalam hal niat masih terjadi pro dan kontra tentang niat yang dilafazhkan namun saya ikut juga yang melafazhkan dan niat dalam hati juga. Saya mengikutinya karena saya beranggapan bahwa tidak semua manusia bisa meniatkannya didalam hati. Niat dalam hati di niatkan barengan dengan takbir yang di ucapkan

2. Takbir
    Takbir yang dicontohkan Rasulullah dalam sebuah hadits yang pernah saya baca adalah posisi telapak tangan menghadap ke depan dan tingginya sejajar dengan bahu dan ada riwayat pula yang mengatakan sejajar dengan daun telinga.

3. Bacaan
   Untuk hal bacaan yang sering kita keliru adalah tentang tajwid dan makhrajnya. Dalam bacaan Al Fatihah saja banyak yang salah dan mungkin saya pun termasuk yang salah itu. Namun sebuah kesalahan jangan dibiarkan salah tapi harus kita benahi dan pelajari.

4. Ruku'
    Ruku' yang terjadi dikalangan kaum muslim adalah ruku' yang saya tidak tahu masuk dalam kategori thuma'ninah atau bukan karena kebanyakan kaum muslim ruku'nya begitu cepat hingga yang seharusnya berfungsi meluruskan susunan tulang punggung kini tidak mempunyai manfaat apa - apa, ruku' yang benar itu ruku' yang posisi punggungnya lurus.

5. Sujud
    Seperti halnya ruku', sujud pun demikian adanya yaitu dilakukan dengan begitu cepat hingga yang seharusnya bermanfaat untuk kesehatan kini hanya sekedar meletakkan kening dilantai atau tempat sujud, sujud yang sah adalah ketika 7 anggota tubuh (Kening, 2 telapak tangan, 2 lutut, dan 2 kaki) bersentuhan dengan lantai atau tempat shalat. Hal yang sering membuat tidak sahnya sujud adalah ketika kening terhalang oleh sesuatu seperti rambut atau jilbab ataupun mukena.

Ada yang mau menambahkan gak?

Oya, kita coba berbalik ke belakang yaitu saat wudhu.
Niat dibarengin ketika membasuh wajah, tangan dan kaki dibasuh bukan disiram, rambut disapu.

Ada lagi? ada lagi?

Sekian dulu......!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar